Profil

Sejak lembaga Pendidikan Universitas Gunadarma dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma pada tahun 1996, pengelolaan program studi ilmu Ekonomi yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Gunadarma dialihkan ke dalam wadah Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Program pendidikan akademik jenjang Sarjana(S1) dan Diploma Tiga (D3) yang berada dalam lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma memiliki keunggulan, selain dengan telah diterapkannya kurikulum baru yang berbasis kompetensi, juga dikarenakan kedua program studi yaitu Manajemen Keuangan maupun program studi Manajemen Pemasaran tersebut telah berbasis IT (information technology), inilah yang menjadikan program-program studi di Universitas Gunadarma menjadi sangat diminati oleh mahasiswa

Pada Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, terdapat program studi S1 Ekonomi Syariah. Tujuan program studi S1 Ekonomi syariah adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan dengan kompetensi dan kualifikasi sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat dan industri yang berdaya saing, berintegritas, adaptif, profesional; unggulan dalam penerapan TIK, mampu berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok multidisiplin, berjiwa sosial, serta peduli terhadap pemberdayaan masyarakat.
  2. Menghasilkan penelitian yang memiliki karakteristik sebagai berikut: (a) Bermanfaat bagi perkembangan ipteks dan mendukung peningkatan daya saing bangsa dan saya saing ekonomi syariah; (b) Bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat; serta (c) Bernilai publikasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan karakteristik sebagai berikut: (a) Meningkatkan literasi dan penetrasi ekonomi syariah di masyarakat (b) Bermanfaat dalam memberdayakan potensi masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakatnya; (c) Mampu memimpin dan menumbuhkan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya memecahkan penanggulangan masalah sosial kemasyarakatan ; serta (d) Mampu menerapkan social entrepreneurship demi kesejahteraan masyarakat