Global Entrepreneurship Monitor, Orang Indonesia Berani Gagal Berwirausaha?

Orang Indonesia tergolong berani membuka usaha dan relatif tidak takut dengan kegagalan. Pernyataan tersebut didasarkan pada hasil survey Global Entrepreneurship Monitor (GEM) yang dilakukan oleh Global Entrepreneurship Research (GERA). GEM pertama kali dilakukan oleh Michael Hay dari London Business School dan Bill Bygrave dari Babson College pada tahun 1997, dan selanjutnya mulai tahun 2004 surver GEM dilakukan oleh GERA. Saat ini survey GEM mencakup 104 negara. Survey pada tahun 2013 melibatkan 197 ribu orang yang disurvey dan 3800 pakar di setiap negara. Survey GEM didasakan dua sumber daya utama yaitu survey terhadap penduduk dewasa mengenai berbagai aspek atau aktivitas kewirausahaan dan survey terhadap pakar mengenai kondisi atau perkembangan sebuah negara terkait dengan kewirausahaan. Penjelasn lengkap mengeni GEM dan metode surveynya dapat dilihat di 2013 Global Reports.  Proses kewirausaan dan definisi operasional GEM secara umum dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Proses kewirausaan dan definisi operasional menurut GEM (GERA, 2013)

Proses kewirausaan dan definisi operasional menurut GEM (GERA, 2013)

GEM membuat laporang khusus untuk setiap negara yang disurvey, termasuk Indonesia. Berdasar survei (Adult Population Survey) untuk persepsi kegiatan wirausaha, diperoleh tiga ukuran utama untuk penentuan intensi, yaitu: perceived opportunity (persepsi terhadap adanya kesempatan), perceived capability (persepsi terhadap kemampuan) dan fear of failure (ketakutan akan kegagalan). Perceived opportunity diperoleh dengan mengukur persentase orang dewasa berusia antara 18 dan 64 tahun yang melihat kesempatan bagus untuk memulai usaha di daerah tempat tinggal mereka. Perceived opportunity di Indonesia cukup tinggi (47%) dan terdapat kemiripan angka persepsi antara pria (51% dari proporsi) dan wanita (49% dari proporsi). Diantara mereka yang melihat peluang bagus untuk memulai usaha baru, pria (antara usia 25 dan 34 tahun) melihat peluang bisnis bagus lebih tinggi ketimbang wanita pada rentang usia yang sama; namun; wanita pada usia diatas 35 tahun melihat peluang bisnis bagus lebih tinggi ketimbang pria pada golongan usia yang sama.

Niat berwirausaha di Indonesia tergolong tinggi dan mereka juga relatif tidak khawatir jika menghadapi kegagalan usaha. Berikut perbandingan Indonesia dengan negara ASEAN lainnya mengenai niat berwirausahaa dan tingkat kekhawatiran terhadap kegagalan.

Perbandingan niat berwirausahaan di negara ASEAN (GERA, 2014)

Perbandingan niat berwirausahaan di negara ASEAN (GERA, 2014)

Perbandingan tingkat kekhawatiran gagal berusaha di ASEAN (GERA, 2014)

Perbandingan tingkat kekhawatiran gagal berusaha di ASEAN (GERA, 2014)

There is one comment

Post Your Thoughts


+ lima = 12